Sabtu, 16 Juli 2016

Aneh, Kisah Manusia Yang Dikutuk Jadi Batu

Aneh Tapi Nyata, Sebuah obyek wisata yang telah berumur lebih dari ratusan tahun, biasanya selalu tak dapat dilepaskan dari sebuah mitos yang mengiringinya. objek - objek wisata ini biasanya memiliki cerita tentang asal -usul. salah satunya adalah batu - batu bersejarah yang terkenal dari berbagai macam daerah dan negara.

Batu batu ini pada zaman dahulu dikisahkan adalah seorang manusia yang kemudian di kutuk menjadi batu. Cerita legenda ini seolah sudah menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi objek -objek wisata ini. Berikut ini ada kisah manusia yang dikutuk jadi batu yang paling melegenda di dunia diantaranya : 


1. Goa Putri, sumatera selatan 


Goa putri merupakan sebauh goa yang terletak di kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan. Goa ini merupakan sebuah objek wisata yang populer akibat keindahan stalaktit dan juga stalaknit yang ada didalamnya. Menurut legenda asal muasal dari nama gua putri ini berasal dari kisah Si Pahit Lidah dan Putri Balian. Konon katanya dulu gua ini merupakan sebuah desa yang dialiri oleh sungai Semuhun.

Suatu hari putri yang bergelar dayang Merindu seorang selir dari prabu Amir Rasyid, penguasa  dari kerajaan Ogan. memutuskan untuk mandi di muara sungai samuhun, pada saat yang sama lewatlah pangeran si Pahit Lidah , seorang pengembara sakti yang konon setiap ucapannya akan menjadi kenyataan.


2. Batu Malin Kundang, Sumatera Barat


Batu malin Kundang merupakan sebuah relief batu yang terletak di pantai Air manis, Padang Sumatera Barat, Relief batu ini merupakan pecahan kafan dan juga sesosok pria yang tenggah menelungkup yang di percaya sebagai seorang yang bernama Malin Kundang. Bongkahan batu ini di percaya merupakan gambaran akhir hidup dari Malin Kundang, seorang saudagar kaya uang tidak mau mengakui ibunya sendiri.

Menurut cerita Malin Kundang yang menjadi kaya raya setelah merantau dan pulang ke kampung halamannya karena menuruti keinginan istrinya yang ingin berlibur ke pulau itu, yang kemudian dia pun tak mau mengakui ibunya yang miskin dan mengunakan pakaian yang compang camping, saat ibunya datang untuk memeluknya, ibunya pun di dorong oleh si malin, yang akhirnya ibunya pun menyumpahinya menjadi batu. 


3. Arca Loro Jonggrang, Sleman


Arca Loro Jonggrang adalah sebuah patung yang berada di dalam candi siwa di Prambanan, Kompleks candy hindu terbesar di indonesia yang berada di Sleman. Patung batu bersosok wanita tersebut adalah arca dewi Durga Mahisashurawardini , Tetapi legenda setempat menyebutkan kalau patung tersebut perwujudan dari Putri Roro Jonggrang.

Menurut cerita, Roro Jonggrang yang arti namanya 'gadis ramping' adalah seorang putri jelita anak Prabu Boko, Ia dipinang oleh Bandung Bondowoso,seorang pangeran dari kerajaan pengging yang berseteru dengan kerajaan Boko. Dan sang putri pun tak rela untuk menikahi orang yang sudah membunuh ayah nya, tetapi ia tak kuasa untuk menolaknya karena kerajaanya sudah dikuasai dan kemudian ia pun meminta seribu candi sebagai syarat pernikahan.













0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 Aneh Tapi Nyata Design by George Robinson | Blogger Theme by BTDesigner Published..Blogger Templates | Proudly powered by Blogger